4 CARA AGAR RESOLUSI TAHUN BARU KAMU TERCAPAI

Diawal tahun baru ini, waktu yang pas buat kamu membuat resolusi yang belum tercapai ditahun sebelumnya. Kamu butuh lebih dari sekadar tekad dalam mencapai resolusi tahun baru. Faktanya, hanya 8% orang yang dapat mencapai resolusi tahun baru mereka‚ÄĒberdasarkan penelitian Universitas Scranton, Amerika.

Resolusi seringkali gagal karena banyak faktor, nah kamu bisa coba beberapa tips berikut agar lebih mudah tercapai :

1. Jangan buat terlalu banyak daftar resolusi

Saat kamu bikin banyak daftar resolusi, dijamin gak bakal tercapai. Sebab, kamu gak akan bisa fokus pada beberapa resolusi. Tak tercapainya resolusi, akan bikin kamu merasa kecewa dengan diri sendiri. Catatlah resolusi paling banyak berjumlah lima, biar kamu bisa lebih fokus. Nantinya, kamu tak akan merasa terlalu berat, saat ingin mencapai salah satunya.

2. Fokuskan resolusi pada hal yang mudah dicapai

Bila kamu pernah membuat resolusi sebelumnya, tetapi tak pernah tercapai. Sangat disarankan buat gak melakukan resolusi yang sama. Bikin resolusi baru yang lebih mudah untuk dicapai. Setidaknya, bikin resolusi yang hanya berfokus pada satu hal, seperti olahraga atau pun perbanyak konsumsi makanan sehat. Kalau kamu memilih perbanyak olahraga, maka lakukan yang lebih spesifik, berupa setiap pagi melakukan sit-up.

3. Berikan tujuan atau nilai yang berarti pada resolusi

Kalau kamu tujuan yang tidak baik, seperti ingin berolahraga keras, biar jadi kurus dan dilirik gebetan. Dijamin kamu gak akan bisa mencapai resolusi, atau justru tak bertahan lama. Buatlah resolusi yang bisa membantu kamu tumbuh menjadi orang lebih baik. Bukan yang didorong rasa balas dendam atau pun ingin dipuji orang lain. Ayo, segera temukan tujuan untuk resolusi tahun barumu!

4. Catat perkiraan masalah yang bakal muncul pada tiap resolusi

Salah satu faktor yang bikin tak tercapainya resolusi, yaitu melupakan perkiraan kemunculan masalah. Saat kamu ingin mencapai sesuatu, selalu ada hal yang menghambat. Cobalah tulis semua hal tersebut bersama resolusi, biar kamu ada gambaran bagaimana cara menghadapinya. Misalnya, setiap pagi kamu ingin melakukan sit-up setidaknya setengah jam. Nah, kamu harus memikirkan bagaimana kalau telat bangun pagi? Pikirkan rencana cadangannya, juga!

Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspiration/prila-sherly/menyusun-resolusi-c1c2/3